BLANTERORIONv101

Tutorial Membuat Aplikasi Android POS ( Point of Sale ) denga Framewok 7 #1

20 Januari 2024
Aplikasi POS Laravel dan Framework 7

Sahabat belajar-koding.com, kali ini akan membagikan tutorial bagai mana membuat aplikasi android dengan framework 7. untuk tahap awal membuat aplikasi yang pertama kali yang harus menginstall framework laravel , framework ini nanti nya akan berfungsi sebagai API . tanpa basa basi mari kita mulai.

Disini belajar-koding mengasumsikan rekan-rekan sudah menginstall tool laragon sebagai web server , jika teman-teman belum mengetehui bagai mana cara install tool laragon bisa mencari di google. 

1. Install Laravel

Silahkan teman-teman masuk ke folder laragon yang berada di rektori C:\laragon\www\ , sebagai catatan folder laragon ini terletak di folder C dikarenakan saat pertama kali install belajar-koding mengarahkan di direktori C di Laptop maupun komputer.


buka cmd di dengan menekan logo windows + R di keyboard anda dan ketikan cmd makan akan tampil cmd , arakah directori ke C:\laragon\www\ seperti gambar di bawah ini 


ketikan kode di bawah ini di cmd kalain pastikan direktori masih di www dan tekan enter tunggu sampai proses installasi selesai dan pastikan saat menginstall anda sedang terkoneksi dengan internet karena kode di atas sedang mendowload framework laravel.

1
composer create-project laravel/laravel nama aplikasi

setelah selesai install maka akan tampil folder di rectory www dengan nama pos seperti gambar di bawah ini


2. Konfigurasi Sysmlink

Konfigurasi ini berfungsi untuk upload file di aplikasi pos nanti , karena framework laravel ini menyimpan atau mengupload ke dalam folder storage. akan tetapi secara default framework laravel ini hanya bisa membaca file yang berada di dalam folder public, agar file yang kita upload bisa terbaca kita menjalan command php artisan stroge:link yang berfungsi untuk membuat sebuah link dari folder storage ke dalam folder public. dengan demikian file yang kita uploada akan terbaca.


untuk memastikan symlink kita berhasil, maka di folder public di dalam ada folder storage seperti gambar di atas yang tergenerate otomatis ketika kita ketikan perintah php artisan storage:link .
maka prsoes konfigurasi symbolic link di dalam project kita berhasil.

3.Setup Database

karena dalam project ini kita akan menyimpan dan berkomonikasi dengan database maka kita harus membuat database terlebih dahulu dengan cara seperti gambar di bawah ini


klik kanan pada laragon , pilih mysql pilih heidisql , di sini saya menggunakn heidi , teman-teman bisa menggunakan tools yang lain seperti sqlyog, dbeaver dll.


klik kanan di laragon,.mysql dan pilih create database dan tulisakan dengan nama pos , nama database sesuaikan dengan project anda , contoh seperti gambar di atas.setelah membuat database kita harus mensetting koneksi project kita ke database.

4. Setting Envirotment

untuk mengkoneksikan project kita dengan database kita harus mensetting envirotment kita di projek yang kita buat yang berada di .env dalam folder project kita. 
buka file .env kita dalam folder project dan rubah koneksi kita dengan nama database yang sudah kita buat. seperti gambar di bawah ini , di sini saya menggunakan tools visual studio code 



rubah db_database dengan nama databse yang kita buat , serta setting user dan password sesuai dengan konfigurasi anda di sini saya menggunakan user root dan password saya kosongkan.


untuk tahap pertama tutorial sampai di sini tunggu next tutorial setup json web token 












Komentar